KONSULTASI GRATIS ONLINE ARSITEKTUR BUMI ANOA

KONSULTASI GRATIS ONLINE ARSITEKTUR BUMI ANOA
close

INFO TERKINI DI HaiArsitek.com™ Media Arsitektur

Rumah Yang Sehat Dengan 3 Macam Taman Terbuka

Architect         : Adiatman
3D Visual : Adiatman
Architect Writer : Adiatman

HaiArsitek.com™ Media Arsitektur | Ketika akan membangun rumah, semua orang tentunya mengharapkan jika rumah yang dibangun tersebut nantinya bisa memenuhi dan disebut sebagai rumah yang indah, sehat dan nyaman. Untuk aspek keindahan tentunya bersifat relatif, karena pandangan seseorang biasanya tidak sama jika menyangkut soal keindahan bangunan. Tapi jika menyangkut aspek kesehatan, biasanya standarnya adalah seragam.

Dalam hal ini, kita mungkin akan sepakat bila rumah yang sehat itu memenuhi beberapa kriteria, diantaranya: sirkulasi udara yang baik, ruangan yang mendapat cukup cahaya alami dari matahari, tata letak ruangan yang memudahkan pergerakan penghuni untuk beraktifitas, tersedianya lahan terbuka untuk menanam tanaman, dsb. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang membangun rumah sehat dengan tinjauan pada sirkulasi udara (penghawaan) dan pencahayaan alami pada ruangan-ruangan didalam rumah tersebut.

Salah satunya dengan rumah ini, arsitek tetap mementingkan rumah sehat sebagai patokan atau konsep yang di ingikan sang pemilik rumah. Pada dasarnya sang pimilik rumah mempunyai lahan yang cukup luas, sehingga arsitek membagi ruang-ruang kegiatan didalam rumah begitu mudah dilahan yang cukup ini.
Seperti halnya sirkulasi udara (penghawaan), pencahayaan pada ruangan sebaiknya bersumber pada cahaya alami. Sehingga selain sehat juga dapat menghemat energi. Tidak perlu menyalakan lampu di siang hari.
 
DENAH 
 
Teras Depan
Ruang Tamu
Kamar Anak (2 Buah)
Kamar Utama + Km/wc
Toilet
Ruang Keluarga
Ruang Makan
Dapur 
Teras Samping 
Teras Belakang
Taman Depan
Taman Samping
Taman Belakang

 

Di setiap ruang-ruang mempunyai sirkulasi udara dan pencahayaan alami yang masuk lewat jendela. Bukaan ini di fungsikan terjadinya pergantian udara di dalam rumah, rumah sehat ini pun tetap dipikirkan arsitek untuk memenuhi keinginan sang pemilik rumah. Rumah ini mempunyai taman, taman depan, samping, dan belakang, difungsikan untuk bukaan sirkulasi udara dan pencahayaan di setiap ruang-ruang yang ada.


Di bagian fasad depan, di buat sesimpel mungkin untuk menggurangi terjadinya dana yang meloncak tinggi di karenakan permainan profil beton yang rumit. Dengan adanya taman yang luas untuk bebas melihat view yang berada di luar rumah. 

Secara umum, bukaan seperti pintu atau jendela sebaiknya berada di sebelah utara atau selatan karena tidak terpapar sinar matahari secara langsung. Jika terpaksa bukaan pintu dan jendela berada pada posisi utara atau selatan, maka dapat ‘diakali’ dengan meng-install tirai (shade atau blind) pada bukaan pintu atau jendela yang materialnya dominan kaca. Sehingga intensitas cahaya matahari yang masuk kedalam rumah atau ruangan dapat diatur sedemikian rupa. 

Demikianlah artikel tentang perencanaan bangunan rumah sehat kali ini.

BAGIKAN

HaiArsitek.com™ Media Arsitektur ADALAH MEDIA ONLINE INFORMASI SEPUTAR DUNIA ARSITEKTUR! pembaca yang ingin berbagi informasi/berita/artikel/ide/opini/pendapat dan gagasan HaiArsitek.com™ Media Arsitektur dapat mengirimkan tulisannya di FANPAGE FB HaiArsitek.com™ Media Arsitektur Artikel Ini Publikasikan Adiatman

HaiArsitek.com™ Media Arsitektur adalah rintisan dari media anakUHO.com ingin berkonsultasi dan renovasi rumah silahkan hub HaiArsitek.com Bekerjasama Dengan Studio SEKAT12 Hubungi via Email : adiatmanars12@gmail.com Call:0853 9908 4927
    Ayo Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

BACA JUGA BERITA YANG PALING BANYAK DI BACA DI HaiArsitek.com™ Media Arsitektur